Jumat, 24 April 2015

Kongsi Dagang Bangsa Barat di Indonesia

A. Kongsi Dagang Inggris

Kongsi dagang inggris adalah EIC (East India Company). Kadangkala disebut sebagai John Company, merupakan sebuah perusahaan saham gabungan dari para investor, yang diberikan Royal Charter oleh Elizabeth 1 pada 31 Desember 1600, dengan tujuan untuk menolong hak perdagangan di IndiaRoyal Charter (Piagam Kerajaan) secara efektif memberikan EIC sebuah monopoli dalam seluruh perdagangan di Hindia Timur. EIC berubah dari sebuah gabungan perdagangan komersial ke lembaga yang memerintah India ketika perusahaan ini mengambil fungsi pemerintahan dan militer tambahan, sampai pembubarannya pada 1858.


B. Kongsi Dagang Prancis

Kongsi dagang Prancis adalah CDI (Compagnie des Indes). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1664 atas permintaan Colbert, menteri keuangan pada masa pemerintahan Louis XIV dengan tujuan mengembangkan perniagaan dengan kongsi-kongsi dagang yang didirikan di pelabuhan utama Ormuz dan Tiongkok dan untuk menyaingi Kongsi Dagang Inggris dan Belanda.

C. Kongsi Dagang Portugis

Kongsi dagang Portugis adalah Companhia da Índia Oriental.

D. Kongsi Dagang Belanda

Kongsi Dagang Belanda adalah VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). Didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. Merupakan perusahaan mutinasional pertama sekaligus perusahaan pertama yang menggunakan sistem pembagian saham.

E. Kongsi Dagang Spanyol

Belum dapat diketahui

Sumber:
Wikipedia.com
Google image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar